Tugas 7 Rekayasa Kebutuhan D 2022


Nama : Christopher Baptista

NRP : 05111940000001

Kelas : Rekayasa Kebutuhan - D


Tentang Aplikasi MOKAPOS

MOKA POS (Point of Sale) adalah aplikasi kasir berbasis cloud yang memudahkan untuk melakukan transaksi penjualan dan proses operasional bisnis pengguna. Seperti mengelola transaksi, memberikan pilihan pembayaran online bagi pelanggan pengguna. Dan masih banyak lagi kegunaan aplikasi MOKAPOS yang lainnya. 
Moka menyediakan perangkat lengkap bagi para penjual agar bisa menjalankan seluruh bisnis. Layaknya standar aplikasi POS, pelaku UMKM dapat melakukan beragam hal seputar penjualan dan inventory. Saat ini, Moka menjadi penyedia aplikasi kasir Indonesia yang memungkinkan pengguna dalam membuat toko online langsung di akun pengguna secara gratis melalui layanan GoStore. Dengan adanya Moka & GoStore, pemilik usaha kini dapat melakukan pencatatan yang jauh lebih efisien hanya melalui satu akun yang sama.

Kelebihan MOKA 

  • Kontrol beberapa outlet 
    • Melacak banyak outlet yang pengguna miliki tanpa mengunjungi setiap outlet secara bergantian 
  • Manajemen persediaan 
    • Mengetahui berapa banyak bahan baku yang pengguna miliki tanpa harus sering pergi ke gudang. Mendapatkan notifikasi saat persediaan pengguna habis, sehingga pengguna tidak perlu khawatir kapan harus restock bahan baku. 
  • Program loyalitas pelanggan 
    • Tersedia program loyalitas pelanggan dengan memberikan diskon khusus. 
  • Mengontrol tata letak tabel 
    • Mengatur berapa lama pelanggan duduk di meja di restoran pengguna, apa yang mereka pesan, di mana meja tempat pelanggan duduk. 
  • Integrasi dengan berbagai platform seperti ACCURATE yang merupakan software akuntansi terbaik.

Kekurangan MOKA 

  • Coba gratis Mokapos hanya 14 hari, setelahnya dikenakan biaya Rp299.000/bulan. 
  • Pembelian Mokapos tidak termasuk perangkat/hardwarenya. 
  • Perangkat yang bisa digunakan untuk menjalankan MOKA terbatas.

Metode yang digunakan

Metode MoSCoW adalah teknik prioritas yang digunakan dalam manajemen, analisis bisnis, manajemen proyek, dan pengembangan perangkat lunak untuk mencapai pemahaman yang sama dengan para stakeholder tentang pentingnya posisi mereka dalam memberikan setiap requirement; hal ini juga dikenal sebagai prioritas MoSCoW atau analisis MoSCoW.
Istilah MoSCoW sendiri merupakan akronim yang berasal dari huruf pertama dari masing-masing empat kategori prioritas: M - Must have, S - Should have, C - Could have, W - Won't have.

Functional Requirement

(SKPL-UC01) Sistem memiliki fitur registrasi akun agar pengguna/pemilik toko dapat melakukan pendaftaran
(SKPL-UC02) Sistem memiliki fitur login
(SKPL-UC03) Sistem memiliki fitur registrasi toko agar pengguna/pemilik toko dapat mendaftarkan beberapa toko
(SKPL-UC04) Sistem mampu mencatat metode pembayaran uang tunai, mesin EDC, dan segala bentuk pembayaran
(SKPL-UC05) Sistem mampu mengatur transaksi yang belum selesai
(SKPL-UC06) Sistem mampu mengelola beberapa gerai pengguna/pemilik toko menggunakan 1 akun
(SKPL-UC07) Sistem dapat mengatur laci keuangan
(SKPL-UC08) Sistem dapat mengatur utang piutang pelanggan
(SKPL-UC09) Sistem dapat menerapkan potongan/diskon dan cashback (pengembalian dana)
(SKPL-UC10) Sistem dapat melakukan CRUD terhadap data pelanggan, pembelian pelanggan sebelumnya (data transaksi), dan masukan dari pelanggan
(SKPL-UC11) Sistem dapat mengirim bon melalui email dan SMS
(SKPL-UC12) Sistem memiliki fitur registrasi akun karyawan dan mampu memberikan izin akses fitur tertentu kepada karyawan dari pengguna/pemilik toko
(SKPL-UC13) Sistem dapat mengakses data secara real time dan riwayat transaksi secara lengkap
(SKPL-UC14) Sistem dapat menampilkan wawasan bisnis untuk pengguna/pemilik toko melalui MOKA Dashboard agar dapat memantau inventaris secara langsung dan mendapatkan notifikasi jika stok barang sudah menipis
(SKPL-UC15) Sistem mampu terhubung dengan berbagai mesin pencetak (mobile printer, receipt printer, printer tiket dapur dan laci uang)
(SKPL-UC16) Sistem mampu menerima pembayaran menggunakan kartu debit, kartu kredit, dan e-wallet
(SKPL-UC17) Sistem dapat mengotorisasi akses ke fitur tertentu pada akun karyawan berdasarkan akses yang diberikan oleh pengguna/pemilik toko
(SKPL-UC18) Sistem menyediakan fitur untuk melakukan pengelolaan shift karyawan
(SKPL-UC19) Sistem menyediakan fitur laporan keuangan dan inventory
(SKPL-UC20) Sistem memiliki fitur untuk open bill
(SKPL-UC21) Sistem memiliki fitur untuk split bill
(SKPL-UC22) Sistem menyediakan fitur untuk transaksi secara dine in atau take away


Non-functional Requirement

(SKPL-NF01) Sistem memiliki latensi rendah
(SKPL-NF02) Sistem mampu untuk menangani data pengguna/pemilik toko, karyawan, dan transaksi dalam jumlah yang tinggi
(SKPL-NF03) Sistem dapat melakukan validasi pembayaran transaksi
(SKPL-NF04) Sistem menyediakan metode pembayaran yang aman dan mudah
(SKPL-NF05) Sistem mendukung pelayanan 24 jam
(SKPL-NF06) Sistem berbasis cloud untuk mencegah kehilangan atau corrupt pada data
(SKPL-NF07) Sistem memiliki tampilan yang mobile friendly
(SKPL-NF08) Sistem mampu meminimalkan proses navigasi yang dilakukan dan terdapat pelabelan yang jelas dan ringkas untuk membantu navigasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini