TUGAS 4 - Requirement Elicitation


PLN Mobile merupakan aplikasi penyedia layanan digital untuk berlangganan listrik yang dikembangkan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Layanan yang tersedia di PLN Mobile cukup banyak. Melalui layanan itu, pelanggan bisa mengelola semua produk PLN hanya melalui ponsel, seperti membeli token listrik, berlangganan WiFi PLN Iconnet, hingga mengajukan pemasangan listrik baru.

Aplikasi PLN Mobile diluncurkan pada tanggal 31 Oktober 2016. Aplikasi PLN Mobile merupakan sinergi layanan PLN kepada pelanggan setelah sebelumnya memanfaatkan Contact Center 123, Facebook, Twitter, Email, dan Web PLN.


Elisitasi Kebutuhan

  1. Stakeholder  

    Pihak Pendukung & Pengelola Sistem

    • Perusahaan Listrik Negara (PLN)
    • Instansi Pemerintah Pusat
    • Non-Kementerian

    Pihak Eksternal

    • Payment Provider
    • Pelanggan, individu, dan masyarakat yang terkait dengan PLN
    • Produsen Listrik Independen (IPP)
    • Business Partners dan Suppliers
    • Media massa
    • Pemberi Pinjaman dan Investor
    • Pemegang Obligasi
    • Electricity associations
    • Organisasi Swasta

     Tim Pengembang Aplikasi

    • Project Manager
    • Business Analyst
    • Data Analyst
    • Tester
    • UI/UX Designer
    • Developer
    • Documentation
    • Database Administrator
    • Quality Control dan Quality Assurance
     
  2. Tujuan

    • Pelanggan dapat mengetahui berbagai info mulai dari tagihan rekening listrik, transaksi token, riwayat pemakaian Kwh listrik, lokasi pembayaran melalui banking terdekat, serta info status atau progres permohonan dan pengaduan.
    • Memberikan informasi kepada pelanggan terkait status-status pekerjaan PT PLN (Persero)
    • Meningkatkan kepuasan pelanggan dari sisi kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang tersedia
    • Meningkatkan kualitas layanan PLN Mobile sehingga sesuai dengan harapan dan kebutuhan pelanggan
  3. Kebutuhan

    • Pendaftaran aplikasi PLN Mobile
    • Adanya menu untuk melakukan perubahan data
    • Layanan permohonan terdiri dari permohonan pasang baru, permohonan perubahan data, dan permohonan penyambungan sementara
    • Layanan informasi terdiri dari pengecekan tagihan, pengecekan riwayat token, simulasi permohonan, informasi tarif listrik terbaru, berita terkini seputar PLN, dan informasi pemadaman
    • Layanan pengaduan berisi status pengaduan yang dilakukan
    • Layanan feedback, tarif listrik, dan FAQ
    • Menu Pengecekan tagihan yang memberikan informasi yang dibutuhkan
    • Fitur yang cepat dan tanggap dalam memberikan informasi terkait pemadaman
    • Informasi yang ditampilkan selalu diupdate

Contoh Pertanyaan Interview

  1. Pertanyaan terkait identitas pelanggan
  2. Bagaimana kualitas pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan PT PLN terhadap layanan PLN Mobile?
  3. Solusi seperti apa yang diharapkan untuk mengatasi keluhan yang ada?
  4. Apakah ada rekomendasi perbaikan layanan PLN Mobile untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan PT PLN?
  5. Sistem seperti apa yang dibutuhkan untuk aplikasi PLN Mobile yang lebih baik?
  6. Kebutuhan seperti apa saja yang diperlukan oleh pelanggan?
  7. Fitur apa saja yang dibutuhkan untuk memudahkan pelanggan menggunakan layanan PLN Mobile?
  8. Bagaimana proses bisnis dalam aplikasi ini?
  9. Upaya apa saja yang sudah dilakukan untuk mengatasi ketidakpuasan pelanggan terhadap layanan PLN Mobile?
  10. Kesulitan apa saja yang dialami pengguna saat menggunakan aplikasi PLN Mobile?

Referensi

https://web.pln.co.id/en/stakeholders/stakeholder-management-en

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/14/17510047/cara-daftar-aplikasi-pln-mobile-bisa-pasang-listrik-baru-hingga-beli-token

http://scholar.unand.ac.id/28137/2/BAB%20I.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini