Aplikasi Transaksi Parkir Non Tunai


Nama    : Christopher Baptista
NRP       : 05111940000001
Kelas     : Rekayasa Kebutuhan (D)

  1. 1. Deskripsikan aplikasi Parkir 
  2. Jawab:
  3. Parkir Non Tunai adalah solusi pengelolaan retribusi parkir menggunakan Internet of Things (IoT) secara elektronik. Sistem ini terintegrasi dengan semua bidang atau petugas terkait serta alat pengawasan yang dipasang pada lokasi parkir.
  4. Beberapa manfaat yang ditawarkan dari sistem parkir non tunai adalah transparansi pendapatan atau pendataan parkir, kinerja petugas dapat dipantau secara online oleh stakeholder, laporan pendapatan dapat diakses secara online oleh semua stakeholder terkait sehingga menjadi paperless, pengaturan parkir akan menjadi lebih tertib, dan petugas parkir akan lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya.
  5. Perkembangan zaman dan perilaku masyarakat saat ini menuntut semua pelayanan dan informasi yang cepat dan mudah. Oleh karena itu, pada prosesnya sistem parkir non tunai akan merekam atau mengambil gambar kendaraan menggunakan kamera yang telah disiapkan di dekat palang parkir otomatis. Setelah pengguna berinteraksi dengan sistem dengan menekan tombol untuk mengenerate karcis, maka karcis akan digunakan sebagai tanda kepemilikan kendaraan untuk selanjutnya keluar dari area parkir. Sesaat sebelum pengguna akan keluar dari area parkir, pengguna dapat menempelkan barcode pada karcis ke scanner yang telah disiapkan pada sistem parkir non tunai, kemudian pengguna dapat menggunakan kartu pembayaran atau QRIS untuk melakukan pembayaran parkir menggunakan e-money, sistem akan secara otomatis memproses pembayaran dan menyimpan data transaksi, setelah palang pintu terbuka pengguna dapat meninggalkan area parkir.

  1. 2. Identifikasi User dan Stakeholder
  2. Jawab:
  3. - Usernya adalah pemilik kendaraan baik pengunjung maupun pegawai
  4. - Stakeholdernya adalah pemilik bangunan, pengelola lahan parkir, pengunjung yang berkepentingan, dan payment provider

  1. 3. Tulis/Gambarkan kebutuhan dari masing-masing user/stakeholder
  2. Jawab:
  3. Kebutuhan User
    1. 1. Pemilik kendaraan memerlukan area untuk parkir
    2. 2. Pemilik kendaraan memerlukan keamanan kendaraan
    3. 3. Pemilik kendaraan memerlukan pembayaran parkir secara cashless (non tunai)
    4. 4. Pemilik kendaraan memerlukan layanan akses keluar-masuk area parkir secara cepat dan mudah
    5. 5. Pemilik kendaraan memerlukan pengurangan interaksi langsung dengan petugas parkir untuk mengurangi dampak covid di masa pandemi
  1. Kebutuhan Stakeholder
    1. 1. Stakeholder dapat memonitor kinerja petugas parkir secara online
    2. 2. Stakeholder dapat mengakses laporan pendapatan secara online karena transparansi keuangan yang memberikan keterbukaan kepada seluruh pihak yang berkepentingan
    3. 3. Stakeholder dapat mengakses laporan pendataan parkir secara online

  1. 4. Tentukan aspek lain yang penting supaya aplikasi berjalan lancar
  2. Jawab:
    1. 1. Area untuk parkir
    2. 2. Kamera CCTV untuk merekam jejak kendaraan
    3. 3. Palang pintu otomatis untuk akses keluar-masuk
    4. 4. Internet untuk menghubungkan ke gateway pembayaran dan pencatatan transaksi
    5. 5. Tenaga listrik untuk menjalankan sistem parkir
    6. 6. Kertas untuk karcis
    7. 7. Scanner untuk membaca barcode pada karcis
    8. 8. Jaringan lokal untuk manajemen database dan server
    9. 9. Petugas parkir untuk memonitor bahwa sistem berjalan dengan baik

Komentar

Postingan populer dari blog ini